15 Manfaat Menakjubkan dari Biji green coffe untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

Dr. Mehmet Oz seorang pembawa acara TV yang populer yang kerap mempromosikan berbagai jenis perawatan medis, beberapa diantaranya memang bagus sedangkan beberapa lainnya – ya, tidak terlalu bagus. Dan sesekali, beliau juga mencoba melakukan penelitian ilmiah, seperti yang pernah dilakukannya pada tahun 2011 pada eksperimen arsenik yang buruk terhadap jus apel. Nah, Dr. Oz kini kembali melakukannya. Kali ini beliau ingin meneliti ulang klaim yang pernah diungkapkannya pada acaranya terdahulu mengenai ekstrak biji kopi hijau. Pada bulan April 2012, Oz menayangkan sebuah segmen di acara TVnya yang berjudul “Ekstrak Biji Green Coffee: Si Pembakar Lemak yang Ampuh!” beliau juga menambahkan “pil ajaib ini mampu membakar lemak dengan cepat, bagi siapapun yang ingin menurunkan berat badan.” Tidak mengherankan, karenanya penjualan ekstrak biji kopi hijau kemudian melesat naik.”Sebuah wasiat pemasaran telah didengungkan!” Dr. Oz menunjukkannya dalam acaranya pada bulan September 2012. “Aku sungguh terkejut bukan main,” ujarnya.

Dua dari bahan tersebut – teh hijau dan kopi hijau – mungkin telah menjadi bagian dari ritual pagi hari Anda, dan telah dijual dalam bentuk suplemen seperti ekstrak teh hijau dan green coffee. Jika menghilangkan lemak adalah tujuan Anda, apakah ekstrak yang satu lebih baik dibandingkan yang lain? Ya, inilah saatnya untuk menempatkan kedua raksasa hijau ini dalam pertempuran langsung dalam merebut supremasi pembakaran-lemak! Teh hijau, yang berasal dari tanaman Camellia sinensis, telah direkomendasikan sebagai minuman sehat selama berabad-abad dengan beragam manfaat kesehatan potensial mulai dari peningkatan status antioksidan hingga dukungankardivaskular. Meskipun beberapa bagian tanaman dapat digunakan, namun sepertinya ekstrak dari daunnya yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang paling banyak, terutama bila berkaitan dengan menurunkan berat badan.

Biji ini juga mengandung sejumlah besar rumput laut. Rumput laut tersebut adalah jenis tertentu yang sarat akan vitamin dan mineral penting. Karenanya, mampu membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh kita. Secara bersamaan, hal itu dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga kita dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat. Jika Anda sering dilanda rasa lapar, biji green coffee dapat sangat membantu Anda. Dengan kemampuannya menekan napsu makan dengan kuat dan efektif, biji kopi hijau ini dapat mengendalikan napsu makan dan mencegah kita dari makan terlalu banyak. Jadi, tubuh kita akan mulai membakar timbunan lemak dan kita dapat menyingkirkan tambahan berat badan.

Mungkin masalah yang lebih besarnya adalah fakta bahwa percobaan tersebut dilakukan di India, dan kemudian ditulis oleh peneliti Amerika, Joe Vinson dari Universitas Scranton, seperti yang diungkapkan oleh sebuah kisah di The Globe and Mail (Kanada) pada bulan Desember yang lalu. Ya benar: para relawan direkrut di India, semua data dikumpulkan di sana, dan data tersebut dikirim melalui email ke Vinson agar beliau bisa menuliskannya. Fakta yang lebih mengganggu lagi adalah bahwa Vinson dibayar oleh pembuat GCA untuk menulis penelitian tersebut. Lebih buruknya lagi, makalah tersebut menyatakan bahwa “Penulis tidak melaporkan adanya konflik kepentingan dalam pekerjaan ini.” Ketika ditanya tentang hal ini oleh The Globe and Mail: “Vinson mengatakan bahwa beliau tidak mendapatkan keuntungan finansial jika perusahaan dapat menjual produknya dalam jumlah yang besar dan dalam jurnalnya tidak mengharuskannya untuk mengungkapkan tentang hubungan mereka.” Penelitian kecil dan buruk ini hanyalah sesuatu yang “mengejutkan”, demikian pengakuan Dr. Oz. Saya bahkan tidak benar-benar yakin bahwa data yang dikirimkan ke Vinson dari India adalah data yang akurat.

dalam pertempuran melawan kegemukan! Pertama, GTE memiliki komponen kafein yang lebih tinggi, dan bila berkaitan dengan bahan yang memiliki dampak signifikan dalam mendukung metabolisme Anda dan dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak, kafein memang rajanya. Kedua, penelitian tentang GTE jauh melebihi GC, sehingga bila Anda menyertakan GTE sebagai bagian dari diet Anda, potensi pembakaran lemaknya sedikit lebih meyakinkan. Anda mungkin menemukan beberapa suplemen yang menggunakan kombinasi campuran teh hijau dengan ekstrak kopi hijau, namun sayangnya hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa perpaduan ini lebih efektif dibandingkan bila dikonsumsi secara terpisah. Manfaat penurunan berat badan yang terkait dengan ekstrak kopi hijau dan teh hijau menjadi sangat berkurang bila Anda mencampur ekstraknya dengan susu dan gula. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein dapat menyebabkan efek penghambatan pada penyerapannya. Oleh karena itu, manfaat GTE dan GCE hanya dapat dimaksimalkan bila dikonsumsi dengan air 2-3 jam sebelum atau setelah makan.

Mungkin saja penelitian ilmiah Dr. Oz jauh lebih memadai daripada penelitian Vinson. Tetapi ini tidak berarti penelitian itu bagus. Pertama, Oz tampaknya telah mengabaikan beberapa aturan penting mengenai cara melakukan eksperimen pada manusia. Seperti yang dikemukakan oleh Scott Gavura di blog Science-Based Medicine, penelitian Oz “menjadikan metodologi penelitian yang baik sebagai bahan ejekan.” Oz gagal untuk menjelaskan bagaimana para wanita direkrut untuk eksperimen tersebut, dan Gavura menunjukkan bahwa tampaknya tidak ada persetujuan dewan etik seperti yang layaknya dibutuhkan dalam semua eksperimen yang melibatkan manusia. Oz juga tampaknya sengaja tidak menghiraukan anggapan bahwa 2 minggu merupakan waktu yang amat singkat untuk menilai keberhasilan suatu perawatan penurunan berat badan. Akankah beliau meninjau kembali wanita-wanita tersebut beberapa bulan kemudian untuk melihat apakah efek itu dapat bertahan? Entahlah, saya pun meragukannya.

Penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan ekstrak biji kopi hijau dalam membantu menurunkan berat badan memang masih diperlukan. Jadilah konsumen cerdas dan skeptis dan lakukan penelitian sebelum mencoba suplemen ini, atau suplemen lainnya. Biasakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen. Mereka dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda harus menambahkan suplemen untuk diet Anda, dan menawarkan kiat-kiat mengenai cara menurunkan berat badan dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *